Sabtu, 24 Mei 2014

Ringkasan Materi

Agama dan Kebudayaan
Hindu – Budha di Indonesia


1.      Perkembangan Jaringan Perdagangan Dunia yang Melalui Indonesia

Abad 1 – 15 Masehi

Penyebaran agama Hindu Budha dari India ke Indonesia berkaitan dengan kegiatan perdagangan yang berlangsung pada awal tarikh masehi. Oleh karena itu masuknya agama Hindu Budha ke Indonesia melalui jalur perdagangan yang berlaku pada masa itu.

Hubungan Indonesia dan pusat penyebaran agama Hindu – Budha di Asia berawal dari hubungan Dagang. Pada awal tarikh masehi hubungan dagang terjadi antara India , Indonesia, Cina. Hubungan dagang melalui jalur laut dilakukan melalui perairan Indonesia. Melalui Hubungan dagang itu berkembang kebudayaan yang dibawa oleh para pedagang di Indonesia.

2.                  Proses Masuk dan Berkembangnya Agama, serta Kebudayaan Hindu – Budha di Indonesia

Melalui hubungan dagang antara Indonesia dan India lambat laun agama Hindu – Budha masuk dan tersebar di Indonesia serta dianut oleh raja – raja dan para bangsawan. Bermula dari lingkungan istana agama dan kebudayaan hindu – Budha tersebar.

2.1        Penyiaran Agama Budha di Indonesia

      Penyiaran agama Budha di Indonesia lebih awal dari agama Hindu. Ajaran agama Budha mulai ada di Indonesia diperkirakan sejak abad ke-2 hal ini dibuktikan dengan adanya penemuan Arca Budha di daerah Sempaga dan di daerah Jember ditemukan Arca Budha perunggu. Patung – patung itu berlagam Amarawati. Juga ditemukan Arca Budha dari batu di daerah Palembang. Agama Budha berkembang di Indonesia pada masa Kerajaan Mataram kuno dan Sriwijaya.


2.2  Penyiaran Agama Hindu di Indonesia

            Proses masuknya agama Hindu di Indonesia dibawa oleh kaum pedagang India maupun Indonesia yang datang ke India. Mereka selanjutnya membawa dan menyebarkan agama Hindu di Indonesia. Berikut beberapa teori yang menjelaskan penyebaran agama dan kebudayaan Hindu di Indonesia.

Adapun penyiaran agama Hindu di Indonesia mempunyai beberapa teori dan anggapan :

a.      Teori Sudra

      Teori ini menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang – orang India yang berkasta Sudra karena mereka dianggap sebagai orang – orang buangan.

b.      Teori Waisya

Teori ini menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dibawa oleh orang – orang India yang berkasta Waisya. Kasta Waisya terdiri atas para pedagang yang menetap di Indonesia bahkan menikah dengan orang Indonesia.


c.       Teori Ksatria

Teori ini menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu ke Indonesia dilakukan orang Indonesia dilakukan oleh orang India yang berkasta Ksatria. Hal ini disebabkan karena India terjadi kekacauan politik sehingga para ksatria yang kalah melarikan diri ke Indonesia. Mereka kemudian mendirikan kerajaan – kerajaan kemudian menyebarkan agama Hindu.

d.      Teori Brahmana

Teori menyatakan bahwa penyebaran agama Hindu dilakukan oleh orang – orang yang berkasta Brahmana. Kedatangan mereka ke Indonesia atas undangan pemimpin masyarakat Indonesia yang tertarik dengan ajaran agama Hindu.


3.      Interaksi Masyarakat Indonesia dengan Tradisi Hindu Budha

a.      Hubungan Keagamaan

            Kegaiatan untuk memperdalam agama Hindu Budha menimbulkan hubungan antara pusat Kerajaan Indonesia dan pusat agama Hindu – Budha di India. Kerajaan yang paling jelas memperlihatkan perhatian dalam hubungan keagamaan ini adalah Sriwijaya


b.       Hubungan Kebudayaan

Berkembangnya perkembangan Hindu Budha di Indonesia selama lima belas abad merupakan hasil pemasyarakatan nilai – nilai Hindu Budha dalam berbagai bidang.

Tersebarnya Bangunan yang bercorak Hindu Budha yang lahir dari proses pengenalan budaya selama bertahun – tahun.

Pengaturan masyarakat dengan sistem kasta membutuhkan banyak waktu yang cukup lama untuk berubah dari pola masyarakat sebelumnya.

4.      Pengaruh Hindu Budha di Indonesia

a.      Bidang Politik atau Pemerintahan

            Sebelum kedatangan Hindu – Budha sistem pemerintahan kedudukan pemimpin masyarakat adalah orang yang di tuakan diantara sesamanya. Kemudia kedudukan pemimpin masyarakat berubah mutlak dan turun temurun berdasarkan hak waris sesuai dengan peratiran hukum kasta.

b.      Bidang Sosial

Sejalan dengan perkembangan pengaruh Hindu – Budha di Indonesia, Masyarakat Indonesia terbagi menjadi bebrapa golongan sesuai dengan aturan kasta. Kasta yang terdapat dalam masyarakat adalah sebagai berikut :

ü  Kasta Brahmana

ü  Kasta Ksatria

ü  Kasta Waisya

ü  Kasta Sudra

ü  Kasta Paria

Perubahan lain yang mencolok akibat pengaruh Hindu – Budha juga terlihat dari terjadinya perubahan – perubahan nama, baik nama kerajaan maupun nama raja yang memerintah.

c.        Bidang Agama

Dampak paling kuat adalah berkembangnya agama Hindu Budha di Indonesia. Agama Budha tersebar di beberapa tempat. Kemudian agama Hindu menyusul berkembang dan tersebar lebih luas di Indonesia. Hal itu terlihat dari banyaknya corak Hindu daripada Corak Budha.

d.       Bidang Ilmu Pengetahuan

Pengaruh Hindu Budha tampak dari pengaruh dikenalnya sistem tulisan. Sistem tulisan bermula dari huruf Pallawa. Dikenalnya sistem tulisan menjadi pembuka jalan bagi perkembangan ilmu pengetahuan.  Juga dihasilkna karya tulis dalam bidang agama dan ilmu pengetahuan.


Sumber Refrensi : Buku Sejarah SMA kelas XI IPS Penerbit Bumi Aksara




Tidak ada komentar:

Posting Komentar